Lembah Tepus Bogor
Source : Googlemaps (Fiqih Alghifari)

Lembah Tepus, Bogor

Posted on

BogorReview.com – Apakah Anda menyukai wisata air terjun? Jika iya, maka pastinya Anda akan menyukai wisata Lembah Tepus Bogor. Wisata yang satu ini merupakan wisata air terjun yang bisa Anda kunjungi di daerah Gunung Salak. Tentunya sumber mata air dari air terjun ini adalah langsung dari Gunung Salak itu sendiri. Sudah pasti airnya segar dan masih murni. Wisata ini adalah salah satu wisata terkenal di Bogor karena lembahnya yang sangat jernih.

Sebelum Anda mengunjungi Lembah Tepus Bogor, ada beberapa tips yang sebaiknya perlu Anda perhatikan.

Lembah Tepus Bogor
Source : Googlemaps (Fiqih Alghifari)

Tips Mengunjungi Lembah Tepus Bogor

  1. Jangan pernah mengunjungi air terjun sendirian

Meskipun menyenangkan untuk bepergian dan menjelajah sendirian, banyak orang yang tidak akan merekomendasikan Anda untuk mengunungi air terjun sendirian. Pilihan yang terbaik adalah berwisata ke tempat ini dengan satu orang lagi. Orang tersebut bisa keluarga atau kerabat dekat Anda. Mengapa sebaiknya jangan bepergian ke air terjun sendirian? Selalu ada kemungkinan Anda akan terpeleset, melukai diri sendiri, atau bahkan tersesat. Sebenarnya hal ini lebih menyangkut ke keselamatan diri Anda. Lalu jikaAnda mengunjungi air terjun bersama, Anda memiliki seseorang yang dapat menjaga barang-barang Anda dan memotret Anda juga.

  1. Pertimbangkan musim kemarau dan hujan

Sangat penting untuk mempertimbangkan musim kemarau dan hujan ketika datang untuk berwisata ke air terjun. Musim kemarau sangat bagus untuk hiking, tetapi sebagian besar air terjun akan terlihat kecil dan membosankan. Saat mendaki di musim hujan, sebagian besar air terjun akan memiliki tetesan air yang sangat banyak. Namun, beberapa air terjun mungkin berbahaya untuk dikunjungi, karena dikelilingi oleh banyak air. Karena itu, pertimbangkan baik-baik di musim apa Anda bisa mengejar air terjun impian Anda. Begitu pula dengan Lembah Tepus Bogor. Meskipun air terjunnya tidka begitu besar, Anda tetap perlu hati-hati saat berkunjung di musim hujan, karena debit aliran air bisa begitu besar sehingga terjadi banjir.

Lembah Tepus Bogor
Source : GoogleMaps (Natalia W)
  1. Olahraga terlebih dahulu

Mengapa Anda sebaiknya berolhargaa terlebih dulu sebelum mengunjungi air terjun? Mengunjungi air terjun bisa sangat sulit. Pastikan untuk berolahraga sedikit terlebih dahulu sebelum melakukan pendakian. Dikondisikan akan membuatnya lebih mudah untuk mendaki bukit dan memanjat bebatuan. Dengan berolahraga maka tubuh Anda akan lebih fit.

  1. Mengunjungi air terjun di pagi atau sore hari

Memulai perburuan air terjun Anda lebih awal pada dasarnya adalah tip terbaik yang biasanya akan direkomendasikan oleh banyak orang. Anda tidak hanya menghindari keramaian, tetapi semakin awal Anda pergi, semakin mudah pendakiannya. Di pagi hari, matahari belum akan terlalu terik dan jalan setapak mungkin lebih mudah untuk dilalui. Bila Anda tidak punya waktu untuk pergi di pagi hari, kunjungi air terjun di sore hari sebagai gantinya. Kebanyakan orang pergi sekitar sore hari, dan ini adalah waktu yang tepat untuk berkunjung. Saat mengejar air terjun di sore hari, berhati-hatilah karena matahari mungkin akan terbenam. Selalu bawa senter dan pakaian hangat untuk dipakai.

  1. Bawa alas kaki yang sesuai

Mengenakan alas kaki yang sesuai juga diperlukan saat mengunjungi air terjun! Meskipun cuacanya hangat, pastikan untuk memakai sepatu hiking yang kuat dan tertutup. Anda tidak ingin kehilangan salah satu sepatu Anda saat menyeberangi aliran sungai, bukan?Pastikan juga sepatu Anda memiliki sol yang bagus agar tidak terpeleset. Juga berguna untuk membawa sepasang sandal jepit jika Anda perlu menyeberangi aliran sungai yang deras. Selamat menikmati Lembah Tepus Bogor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.