Gunung Pancar Bogor
Source : GoogleMaps (Irna Khadijah)

Gunung Pancar, Sentul

Posted on

BogorReview.com – Gunung merupakan salah satu pilihan destinasi wisata bagi siapa saja yang senang berwisata alam. Pemandangan yang indah dan udara sejuk yang ditawarkan adalah obat yang tepat bagi pikiran yang penat. Terutama bagi Anda yang tinggal di kawasan perkotaan. Oleh karena itulah tempat wisata di Bogor kerap menjadi tujuan bagi penduduk Jakarta dan sekitarnya. Salah satunya adalah Gunung Pancar Bogor.

Gunung Pancar Bogor
Source : Googlemaps (Marsuli Alfarizy)

Tempat wisata ini terletak di Desa Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor atau yang lebih dikenal dengan nama Sentul. Untuk sampai ke Gunung Pancar dari Jakarta, jarak yang harus ditempuh kurang lebih 45 Km. Tempat wisata ini masih alami dan jalannya cenderung tidak rata, masih berupa tanah dan bebatuan. Oleh karena itulah jika ingin berkunjung, disarankan untuk menggunakan sepatu. Dengan begitu, aktivitas Anda tidak akan terganggu.

Kenapa Harus Liburan di Gunung Pancar Bogor?

Gunung Pancar Bogor
Source : GoogleMaps (Irna Khadijah)

Meski kawasan Gunung Pancar Bogor masih alami, ada banyak aktivitas yang dapat dilakukan oleh pengunjung tempat wisata ini, yaitu sebagai berikut:

  1. Olahraga

Salah satu aktivitas yang dapat dilakukan saat berwisata di Gunung Pancar adalah olahraga. Mulai dari jogging, bersepeda, berkuda, sampai bermain tenis. Dengan latar hutan pinus yang indah ditambah udara yang segar, berolahraga di kawasan Gunung Pancar akan memberikan kesan tersendiri.

Jalur olahraga yang harus dilalui memang tidak akan semulus jalur di fasilitas olahraga yang ada di perkotaan. Namun, bagi Anda yang senang melakukan aktivitas olahraga yang lebih menantang, jalur jogging, bersepeda, maupun berkuda di tempat wisata ini sangat direkomendasikan.

  1. Pemandian air panas

Tak hanya olahraga, Anda juga dapat menikmati pemandian air panas di Gunung Pancar Bogor. Pemandian khas pegunungan ini dapat dinikmati mulai pukul 07.00 pagi. Anda dapat berendam begitu sampai ke tempat wisata ini untuk menghilangkan lelah akibat perjalanan maupun setelah berolahraga untuk menghilangkan rasa pegal di tubuh.

Ada beberapa jenis kolam air panas yang tersedia, antara lain kolam bersama, kolam anak-anak, kolam permainan air, dan kamar mandi air panas untuk satu orang. Meski ada kolam bersama, nyatanya kolam tersebut dilengkapi dengan sekat untuk memisahkan laki-laki dan perempuan.

  1. Berburu foto

Kawasan Gunung Pancar memiliki hutan pinus yang alami dan memesona. Dengan latar yang indah tersebut, Anda dapat berburu foto untuk dokumentasi pribadi maupun untuk dibagikan di media sosial. Untuk dapat berburu foto di kawasan hutan pinus, pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp20.000,00.

Gunung Pancar Bogor
Source : Googlemaps (Diki Rizki Nugroho)
  1. Terapi dan aktivitas luar ruangan

Jika Anda menyukai aktivitas terapi, Gunung Pancar Bogor menawarkan banyak jenis terapi yang dapat dicoba. Mulai dari terapi ikan, terapi bekam, sampai terapi lintah. Di samping terapi, Anda juga dapat melakukan aktivitas di luar ruangan seperti outbound dan trekking. Jika belum puas, Anda juga dapat melakukan glamping, yaitu berkemah anti ribet dengan biaya mulai dari Rp350.000,00.

  1. Wisata budaya

Sambil menikmati keindahan Gunung Pancar Bogor, Anda juga dapat menyelami budaya masyarakat sekitar dengan berwisata budaya. Tak hanya itu, Anda juga dapat berziarah ke makam keramat yang sudah ada sejak zaman dahulu. Pasalnya, ada banyak tokoh legenda Jawa yang dimakamkan di kawasan Gunung Pancar seperti Ki Mas Bungsu, Raden Lawulung, Raden Surya Kencana, dan Sunan Kalijaga. Ada juga upacara keagamaan dan pertunjukan seni yang dapat Anda lihat jika beruntung.

Leave a Reply

Your email address will not be published.