Leuwi Hejo Bogor

Leuwi Hejo, Jonggol

Posted on

BogorReview.com – Bagi Anda yang ingin berwisata alam, Curug Leuwi Hejo merupakan salah satu pilihan yang dapat diambil. Pasalnya, tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang indah dan alami, sangat cocok untuk menghilangkan stress.

Leuwi Hejo Bogor
Source : Googlemaps (Listiana Oktavia)

Curug Leuwi Hejo terletak di Kampung Wangan, Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Curug yang termasuk dalam kawasan hutan RPH Babakan Madang BKPH Bogor ini memiliki pemandangan yang sangat indah dan juga khas. Oleh karena itulah Curug Leuwi Hejo Bogor kerap disebut Green Canyon Bogor.

Untuk masuk ke tempat wisata tersebut, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Pasalnya, tempat wisata yang buka setiap hari dari pukul 08.00 – 17.00 WIB ini  memasang harga tiket masuk hanya Rp15.000,00. Namun jika ingin mengunjungi curug lainnya, Anda harus membayar lagi sekitar Rp10.000,00.

Nama Leuwi Hejo berasal dari bahasa Sunda, yaitu “leuwi” yang berarti kolam atau relungan dan “hejo” yang berarti hijau. Dengan kata lain, Leuwi Hejo secara harfiah berarti kolam hijau. Ini karena air di sana memang berwarna kehijauan. Tak hanya warna airnya yang unik, tebing batu yang mengelilinginya juga memberikan pesona keindahan tersendiri.

Leuwi Hejo Bogor
Source : Googlemaps (Rockzalie)

Aktivitas Seru di Leuwi Hejo Bogor

Pengunjung yang datang ke Curug Leuwi Hejo Bogor dapat melakukan beberapa aktivitas, yaitu sebagai berikut:

  1. Tracking

Dalam kawasan wisata Curug Leuwi Hejo, terdapat lebih dari satu curug, tepatnya ada lima curug yang meliputi Leuwi Hejo, Leuwi Liek, Leuwi Ciung, Leuwi Cepet, dan Baliung. Meski ada banyak curug, jarak antara satu curug dengan curug lainnya tidak jauh. Hanya sekitar 5 – 15menit dengan tracking. Oleh karena itulah bagi Anda yang ingin berwisata sambil menantang diri, mengunjungi kelima curug tersebut dengantracking sangat direkomendasikan.

  1. Berenang dan bermain air

Karena objek wisata utamanya berupa curug atau air terjun, maka pengunjung Leuwi Hejo Bogor pun akan disuguhi dengan kolam alami. Kedalaman kolam tersebut bervariasi mulai dari 2 – 10meter. Artinya, pengunjung Curug Leuwi Hejo dapat bermain air dan berenang dengan sesuka hati. Tentunya, kedalaman kolam dan kemampuan berenang harus diperhatikan. Dengan begitu, Anda akan dapat terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Melompat dari tebing

Jika Anda merasa bermain air dan berenang sudah biasa dan ingin mencoba aktivitas yang lebih menantang, maka Anda dapat mencoba untuk melompat ke kolam dari tebing. Untuk naik ke tebing, pengunjung dapat mendaki menggunakan tali yang tersedia. Meski terbilang aman karena kolamnya cukup dalam, Anda tetap disarankan untuk berhati-hati agar tidak terpeleset.

  1. Foto

Kawasan wisata Leuwi Hejo Bogor memiliki pemandangan alam yang memesona. Mulai dari tebing bebatuan dan air kolam yang berwarna kehijauan sampai keindahan sawah dan pepohonan di sekitar aliran curug. Oleh karena itulah tempat wisata yang satu ini merupakan lokasi yang tepat untuk berfoto dan mengabadikan momen.Anda dapat berfoto di sekitar aliran curug maupun di atas bebatuan yang ada di sekitar curug.

Rute Menuju Leuwi Hejo

Untuk mencapai Curug Leuwi Hejo Bogor, Anda akan membutuhkan waktu sekitar 4 jam dari Jakarta. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda empat, Anda dapat langsung keluar di pintu tol Sentul kemudian ambil arah ke kawasan Jungleland. Menggunakan kendaraan pribadi lebih direkomendasikan karena di kawasan  tersebut sarana transportasi umum seperti angkutan masih jarang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.